Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, baru-baru ini mengungkapkan perkembangan terkait rencana pembangunan jalur kereta api yang akan menghubungkan Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara. Informasi ini disampaikan oleh Menteri Basuki saat berada di Tokyo, Jepang, pada Jumat (10/11).
![]() |
KIPP IKN 08/11/2023 |
Dalam pengumuman tersebut, Menteri Basuki menjelaskan bahwa Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) sedang melakukan kajian terkait proyek pembangunan jalur kereta di Kalimantan Timur (Kaltim). "Saat ini, JICA tengah mengkaji pembangunan jalur kereta api dari Balikpapan maupun di kawasan IKN sendiri," ujar Menteri Basuki.
Lebih lanjut, Menteri Basuki menyampaikan bahwa pembicaraan terkait proyek ini telah dilakukan saat Presiden JICA bertemu dengannya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jamuan makan siang di Jakarta dua pekan lalu. Meskipun pembicaraan tersebut telah berlangsung, belum ada kepastian apakah Jepang akan mengambil peran dalam studi kelaikan proyek tersebut.
![]() |
Kawasan Kantor Presiden 27 Mei 2023 |
Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN, juga telah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan tiga daerah potensial di Balikpapan, Samarinda, dan IKN Nusantara. "Kemarin, Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi Jepang juga mengatakan akan menyelesaikan pengkajian pengembangan daerah ini," tambahnya.
Pemerintah memiliki empat proyek kereta api yang direncanakan akan dibangun pada periode 2025-2029, termasuk kereta api bandara, kereta perkotaan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), perkotaan di dalam Kalimantan, dan intercity. Salah satu proyek utama adalah KA perkotaan Balikpapan-KIPP yang akan memiliki panjang sekitar 143,33 kilometer dengan waktu tempuh 88 menit. Rinciannya mencakup 125,73 kilometer di permukaan tanah, 14,6 kilometer melayang, dan tiga kilometer di bawah tanah, mampu menampung sekitar 4,5 juta penumpang pada tahun 2040.
Selain itu, proyek KA bandara juga direncanakan untuk menghubungkan Bandara Internasional Sepinggan dengan KIPP. Pemerintah menyediakan dua alternatif trase, dengan estimasi penumpang mencapai 3,6 juta per tahun pada tahun 2030. Pada trase pertama, jalur sepanjang 65,5 kilometer melintasi empat stasiun, sementara pada trase kedua, jalur sepanjang 44,91 kilometer melintasi tiga stasiun dengan rute lebih pendek mengikuti right of way (ROW) jalan tol ruas Balikpapan-KIPP, dengan perkiraan penumpang sekitar 2,5 juta per tahun pada tahun 2030.
Pemindahan Ibu Kota Indonesia: Antara Mimpi Futuristik dan Tantangan Lingkungan
Dalam rangka mendukung proyek-proyek tersebut, Kementerian Perhubungan berencana menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) serta konsesi yang melibatkan pihak dalam dan luar negeri. Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah mengusulkan anggaran tahun 2024 sebesar Rp 9,8 triliun, termasuk dukungan untuk proyek kereta IKN.
Sumber JPNN